AD (728x60)

Selasa, 27 Desember 2016

CAT WOSH

Share & Comment

JASA CAT WOSH

Pengecatan wash merupakan jenis pengecatan yang gampang gampang susah namun lebih gampang dari cat lukis. Sama seperti cat lukis, cat wash juga membutuhkan ketrampilan dan kreativitas dalam mengerjakannya dan juga erat hubungannya dengan seni. Pengecatan wash secara khusus, adalah tehnik pengecatan efek untuk menonjolkan bidang atau profil agar lebih terlihat jelas. 

Secara umum yang banyak dijumpai, tehnik pengecatan wash biasanya diterapkan pada eksterior dan interior rumah tinggal atau bangunan yang bergaya klasik. Karena bangunan yang bergaya klasik identik dengan mainan profil, ornamen atau ukiran, sehingga dengan tehnik pengecatan wash, setiap detail dari profil profil tersebut dapat lebih terekspos dan lebih jelas terlihat. Untuk interior rumah tinggal bergaya klasik, pengecatan wash biasa diterapkan pada plafon yang berbahan gypsum, sedangkan untuk dinding interior, pengecatan wash hanya diterapkan pada area atau ruangan tertentu, seperti ruang tamu dan ruang keluarga. Untuk eksterior terutama tampak depan, pengecatan wash diterapkan secara menyeluruh.








Tahapan Dalam Mengerjakan Tehnik Pengecatan Wash

Dalam pengerjaan cat wash, ada beberapa tahapan pengecatan yang dilakukan agar hasilnya menjadi lebih maksimal. Tahap pertama adalah melapisi permukaan atau bidang dengan cat dasar terlebih dahulu sampai bidang benar benar merata, biasanya sampai 2 lapis. Fungsi cat dasar ini sebagai background untuk motif efek dan juga sebagai penahan rembesan air. Untuk bidang atau permukaan yang ada di luar ruangan atau  eksterior sebelum di cat dasar, terlebih dahulu permukaan atau bidang tersebut dilapisi dengan waterproofing agar cat wash lebih tahan lama dan tidak mudah mengelupas apabila terkena air hujan atau paparan sinar matahari.

Tahap kedua adalah pengecatan motif efek warna dan merupakan tahap utama dari tehnik pengecatan wash karena berhubungan dengan kreativitas dan seni. Dalam tahap kedua ini bisa ditentukan ide untuk membuat motif efek. Banyak motif efek yang bisa dibuat dalam tehnik pengecatan wash, seperti motif efek serat kayu, motif efek serat marmer maupun motif efek yang berupa abstrak. Warna yang sering digunakan dalam pembuatan motif efek biasanya agak gelap yang dominan dengan warna coklat. Untuk lebih menonjolkan detail profil bidang yang sudah di efek dapat diberi sapuan warna emas atau perak.

Tahap terakhir dari tehnik pengecatan wash adalah melapisi motif efek dan warna dengan koting atau cat finish clear, bertujuan melindungi agar motif efek dan warna dari cat wash tidak pudar dan lebih tahan lama. Untuk interior menggunakan koting jenis gloss atau yang mengkilat dan untuk eksterior menggunakan jenis doff.

Dengan pengerjaan yang tepat, tehnik pengecatan wash ini akan mendapatkan hasil yang maksimal dan menjadikan bangunan atau rumah tinggal lebih artistic terutama bangunan yang bergaya klasik.
Tags:

Written by

Bekerja sebagai consultan dan contractor landscape, yang sudah berpengalaman selama 25 tahun, percayakan semua pekerjaan landscape kepada kami, karena kami memang ahlinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Entri Populer

Recent Posts

Hubungi 085330923240

Copyright © DANIS FLORIST | Tukang Taman | WA : 085330923240 | Designed by Andriez Setyawan